100 Film terbaik 2010-2015 Part 3


Setelah kita menyimak Part 1 dan Part 2 berikut saya beberkan Part 3 yang terdiri dari ranking #71 - #80.Langsung saja, pada segmen kali ini ada film Iran dengan denyut pacu khas sinematography yang sangat mumpuni.Sutradaranya seorang aktor veteran pula.Ada film yang mengupas kriminal dan televisi, yang pernah menjadi film pilihan saya untuk studi media diperkuliahan.Ada dokumenter dengan fotography dan sinematography yang sangat mumpuni untuk ukuran dokumenter.Ada juga kisah wanita wanita untuk berjuang melawan penyakit mematikan dilungkup prostitusi.Langsung saja.

(#71 - #80)

#80.MODEST RECEPTION
IRAN/2012
Sepasang pasangan Iran dari kota berkeliling ke daerah pegunungan terpencil. Mereka membagikan kantong uang untuk desa miskin sebagai imbalan bagi mereka melaksanakan permintaan yang tidak biasa beberapa kemampuan mereka.Sinema Iran memang selalu menarik untuk dikaji.Lengkap dengan gaya neoralisme yang diusungnya. Kisah ini menjadi salah satu yang terbaik dari persinemaan Iran.

#79.INSIDE LLEWYN DAVIES
US/2013
Coen Brothers kembali membesut film bertemakan berbeda, kali ini ia merambah musik yang sangat berbeda dari filmography sebelumny.Nomor musik yang sangat cantik, akting dari Isaac yang memukau para selebriti untuk masa masa kariernya serta sinematography dan fotography yang unik.Kisah ini seperti paket kado christmas yang sangat manis.Lengkap dengan bintang seekor kucing yang amat unik.Sesaat mengingatkan pada Once.

#78.SAMSARA
US/2011
Dokumenter yang menyentuh hati.Mengingatkan pada Abendland dan Nostalgia For The Light.Namun yang membedakannya jelas adalah sinematography dan potongan fotograpahy yang sangat memanjakan mata.Samsara bercerita banyak pada kolase dan ragam kehidupan.Industri, budaya seni hingga religiusitas. Samsara sulit dilupakan sebagai mahakarya.Satu lagi Samsara menghadirkan tari pendet dari Bali dengan aksentuasi yang luar biasa.

#77.LORE
AUSTRALIA / 2012
Keajaiban kisah Lore adalah setting yang akurat serta eksekusi yang luar biasa.Lore mengisahkan kehidupan seorang keluarga dari kalangan politik yang amat sangat sulit untuk hidup dan bertahan.Lore diisi oleh jajaran cast tidak poopuler yang memainkan peran yang sangat apik.Tak kusangka Lore adalah produksi dari Australia, menjadikannya adalah salah satu film dari negeri kanguru yang patut dipuja puji. Bukan Kon-Tiki.

#76.NIGHTCRAWLER
US/2014

 Nightcrawler mengisahkan seorang psikopat yang mengambil peluang untuk kerja di sebuah industri media bernama televisi kriminal.Berbekal kamera dan kemampuan negosiasinya yang apik, ia mampu memproduksi rekaman rekaman kriminal yang mampu menaikkan rating sebuah program di televisi.Iapun melakukan aksinya dengan cara nekat dan curang.Mengutak atik posisi mayat, mendatangi tkp sebelum polisi dan sebagainya.Sangat tepat sebagai kritik profesi bagi jurnalis saat ini yang tengah krisis etik.

#75.MY JOY
RUSSIA/2010
Cerita tentang beberapa hari dalam kehidupan seorang sopir truk Georgia tampaknya menjadi mimpi buruk yang tak pernah berakhir, spiral kekerasan dan penyalahgunaan kekuasaan. Seorang pria pergi bekerja dan dalam perjalanan ia tersedot ke dalam kegilaan sehari-hari negaranya, kehilangan kesehatan dan ingatannya dalam proses. Sebuah perumpamaan gelap tentang situasi di dalam Ukraina hari ini.Selain mempertunjukkan realitas sebuah bangsa, my Joy memperlihatkan sisi buram pemimpin pada masa tersebut.

#74.GANGS OF WASSEYPUR PART 1 & 2
INDIA/2012

 Mengingatkan pada Carlos dan A Prophet, kisah tentang sebuah kubu geng dikota India.Shahid Khan diasingkan setelah meniru legendaris Sultana Daku untuk merampok kereta Inggris. Sekarang terbuang, Shahid menjadi pekerja di tambang batu bara Ramadhir Singh, hanya untuk memacu pertempuran balas dendam yang melewati ke generasi. Pada pergantian dekade, anak Shahid, para berselingkuh Sardar Khan janji untuk mendapatkan kehormatan ayahnya kembali, menjadi orang yang paling ditakuti Wasseypur.

#73.THE ARTIST
FRANCE/2011
Mengingatkan pada karya bisu film era 60an.Pahlawan jagoan dari film bisu, George Valentin harus menghadapi era film bersuara yang membuatnya semakin terpuruk. Disaat yang bersamaan, orang yang ia kenal,Peppy perlahan naik melalui industri.Selain juga mengingatkan pada background topik Singin In The Rain, The Artist menawarkan modern old fashioned yang sangat mumpuni.Kocak dan mengesankan.

#72.NEBRASKA
US/2013
Dibuka dengan seorang lansia yang mengira ia memenangkan sebuah undian berhadiah dengan berjalan kaki menyisir kota.Lengkap dengan istrinya yang memiliki mulut sampah.Nebraska adalah sebuah love letter dari Alexander Payne tentang lingkup lansia, juga merupakan penebusan dosa dirinya yang selama ini selalu bikin film jelek.

#71.HOUSE OF TOLERANCE
SPAIN/2011
House Of Tolerance menampilkan kisah wanita wanita pekerja prositusi dan lika likunya.Mulai dari bagaimana menjamu pria hidung belang sebelum jatuh ke ranjang, sampai pada perekrutan pelacur belasan tahun.House Of Tolerance terasa sangat mengungkung, itulah mengapa ending House Of Tolerance menghadirkan kelegaan yang amat dalam.Penyakit, masa depan dan ruang sosial adalah kajian empirik disini.Sebagai film terbaik pada bagian 3 ini, coba ingat air mata salah seorang pemeran yang mengeluarkan sperma. It Damn good and heartbreaking.

Recap
71.House Of Tolerance
72.Nebraska
73.The Artist
74.Gangs Of Wasseypur Part 1 and Part 2
75.My Joy
76.Nightcrawler
77.Lore
78.Samsara
79.Inside Llewyn Davies
80.Modest Reception
81.Spring Breakers
82.Three Sisters
83.Nothing Bad Can Happen
84.Archipelago
85.The Selfish Giant
86.Black Coal, Thin Ice
87.Somewhere
88.Breathing
89.Another Year
90.Ernest & Celestine
91.Shame
92.Martha Marcy May Marlene
93.Bestiaire
94.Strange Case Of Angelica
95.Tale Of Princess Kaguya
96.Carol
97.The Tree Of Life
98.Pina
99.All The Light In The Sky
100.SIlver Linings Playbook

Essay Film

Dikembangkan dan diorganisir oleh Halomoan Sirait. Mahasiswa tingkat akhir yang kocar kacir didunia blogging karena suka hilang password. Sedang mendambakan profesi Jurnalisme Film secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar