100 Film terbaik 2010-2015 Part 4


Maaf sudah agak lama ulur waktu dalam mempost 100 Film Terbaik dekade 2010-2015, pada bagian ke empat ini (Rank #61 - #70), ada film dengan kekayaan cat kanvas yang nyeletuk dihati, luar biasa pendekatannya dan sangat orisinil.Selanjutnya ada karya dengan salah satu scoring yang luar biasa menyentuh hati lengkap dengan aktris cilik yang menjadi peran utamanya.Kemudian ada film dengan "Shame-nya Wanita "seksualitas yang diperankan oleh wanita, ada juga animasi dengan naskah menggebrak baru baru ini lengkap dengan kekayaan tema yang universalis.Langsung saja ini dia 100 Film terbaik 2010-2015 Part 4 !

#70.A TOUCH OF SIN
CHINA / 2013

Karena menghadirkan tiga fragmen yang tak saling berkaitan dan sangat mengguncang hati bagi penontonnya. Sebuah karya terbaru dari sutradara familiar art house Jia Zhang Ke yang merupakan pembesut The World, 24 City, Still Life. Disini Jia Zhang Ke banyak bermain pada aksen kamerasentrik seperti biasanya.Luar biasa ending film ini.

#69.BROWNIAN MOVEMENT
NETHERLANDS / 2010

Inilah Shamenya Wanita" yang menghadirkan keinginan seks eksplisit oleh seorang perawat kepada pasiennya dengan menjalani hubungan gelap yang intim.Brownian Movement menciptakan ruang kontemplasi yang begitu dalam dan mengetuk sanubari, sehingga menjadi contemplatory film terbaik dekade ini.

#68.THE MILL AND THE CROSS
ICELAND / 2011

Kekayaan plat kanvas yang diusungnya membawa warna pada metode penceritaan yang amat halus.The Mill And The Cross menjadi satu satunya film dari negeri Islandia lengkap dengan kekayaan gestur dan cara penuturannya yang kontemporer dan artifisial.The Mill And The Cross berkisah tentang perjalanan batin yang religius dalam sebuah penerjamahan lukisan yang amat terkenal.

#67.INSIDE OUT
US / 2015
Keberadaan animasi kerap kali menegaskannya sebagai medium pembawa pesan pesan universal dan luhur yang dapat dinikmati setiap anggota keluarga. Kasus anak melarikan diri dari rumah sudah merupakan big trouble di Amerika Serikat. Dari premis tersebut, Inside Out hadir dengan lima karakter manusia dan menceritakan bagaimana pikiran mengontrol manusia.Inside Out memperkaya khasanah alam pikiran kita bahwa teknologipun tak mampu merendahkan apa itu yang namanya manusia.

#66.BEASTS OF SOUTHERN WILD
US / 2012

Beasts Of Southern Wild adalah love letter untuk karya independen Amerika Serikat.Kisah yang sangat struggle, dibintangi Wallis dengan sangat apik yang mendapatkannya nominasi Oscar ditahunya. Beasts adalah kisah yang sangat luar biasa antara anak, ayah dan gender untuk menghadapi bencana alam.Ia juga adalah seni yang amat mumpuni.Scoringnya gila luar biasa.

#65.THE ILLUSIONIST
FRANCE/ 2010
Animasi pastel tak pernah terukir indah dan memabukkan seperti ini.Sylvain Chomet kembali menelurkan karya kontemporer yang begitu syahdu dan tak luput dari kemewahan dan kemerduan.Illusionist mengisahkan seorang pemain sulap yang mencari nafkah lewat permainan sulap konvensional.Ia menantang zaman modernist yang lebih menyukai aksi teatrikal panggung yang populis.Karya yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.Catatan : Film inilah sebagai animasi terbaik sepanjang 5 tahun berturut turut sebelum akhirnya saya harus mematahkan itu lewat World Of Tomorrow.

#64.NOSTALGIA FOR THE LIGHT
CHILE / 2010

Sebuah penjelajahan pada silam melalui mediumisasi teknologi serta pencarian yang mengingatkan kita sebagai dokumenternya The Tree Of Life. Memainkan suara sebagai efek narasi serta permainan gambar serta lantunan musik space yang pecah dan mutakhir.Nostalgia For The Light adalah ungkapan yang tepat pada dokumenter sebagai mediasi puitisasi yang penuh alegori.

#63.THE PAST
FRANCE/ 2013
 Gabungan kultur dalam film sangat terasa dalam film ini.Ajaib.Bagaimana budaya sinema Iran yang khas dengan gaya neorealis bertemu dengan khas film Prancis yang naturalis.ALhasil jujur menghadirkan neo-naturalis.Ya sebuah kisah tentang perceraian khas Asghar farhadi dan seabrek drama tentang keluarga dan pernikahannya.Ada yang gagal. Ada yang mencoba bangkit lagi.

#62.EDGE OF TOMORROW
US/2014
 Menjadi film Sci-Fi terbaik dekade ini.Enyahkanlah Inception.Seperti melihat Groundhog Day yang begitu lekat dengan gaya dan style.Edge Of Tomorrow adalah pemujaan saya yang berlebihan pada genre action dimana action selalu diidentikkan dengan cerita yang tak kuat. Jangan salah Edge Of Tomorrow memberikan apa yang kita semua mau pada khasanah sinema.

#61.FILM SOCIALISM

Seperti judulnya, film ini menceritakan strata sosial di era kepemimpinan Prancis da Belgia serta inginnya memang dengan cara khas Jean Luc Godard.Dokumenter ini menjadi dokumenter terbaik dekade ini bersanding The Act Of Killing, Nicolae Ceasusescu dan Crazy Horse


Sampai jumpa Pada Part. 5


Recap :
61.Film-Socialism
62.Edge Of Tomorrow
63.The Past
64.Nostalgia For The Light
65.The Illusionist
66.Beasts Of Southern Wild
67.Inside Out
68.The Mill And The Cross
69.Brownian Movement
70.A Touch Of Sin
71.House Of Tolerance
72.Nebraska
73.The Artist
74.Gangs Of Wasseypur Part 1 and Part 2
75.My Joy
76.Nightcrawler
77.Lore
78.Samsara
79.Inside Llewyn Davies
80.Modest Reception
81.Spring Breakers
82.Three Sisters
83.Nothing Bad Can Happen
84.Archipelago
85.The Selfish Giant
86.Black Coal, Thin Ice
87.Somewhere
88.Breathing
89.Another Year
90.Ernest & Celestine
91.Shame
92.Martha Marcy May Marlene
93.Bestiaire
94.Strange Case Of Angelica
95.Tale Of Princess Kaguya
96.Carol

97.The Tree Of Life
98.Pina
99.All The Light In The Sky
100.Silver Linings Playbook

Essay Film

Dikembangkan dan diorganisir oleh Halomoan Sirait. Mahasiswa tingkat akhir yang kocar kacir didunia blogging karena suka hilang password. Sedang mendambakan profesi Jurnalisme Film secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar