Essay : Bagaimana Sebaiknya Mumblecore Diterjemahkan ?

*ESSAY INI ADALAH KELANJUTAN DARI ESSAY MUMBLECORE , BANALITAS DAN KARAKTER YANG TAK UTUH.

Pertanyaan diatas berawal dari pandangan sederhana penulis bahwa setiap kreator film di semua negara menerjemahkan genre dengan tradisi lokus dan fokusnya masing masing.Lokus memberikan cangkang pada manifestasi ideologi kreator film, yang cenderung menetap dan dinamis.Sedangkan fokus adalah titik dimana film dan kreator film itu berada.

Penjelasannya begini, kedua tradisi menjadikan sebuah genre adalah bentuk termudah untuk mengungkapkan dan menerjemahkan value utama sebuah film, genre apapun itu, yang mana genre menjadikan sebuah film khas, mudah dikenal dan diprediksi. Pendekatan konvensional mengatakan ia adalah dasar dari susunan psikologis yang murni dan psiko-dramatik (Judith Hess Wright).
Kita mengenal Hong Sang Soo yang menerjemahkan mumblecore sebagai sake~story , diary kecil dari pertemuan pertemuan Karakter yang tidak sepenuhnya utuh, menghabiskan waktu dengan obrolan obrolan serta penggunaan zoom-out kamera. Mudah sekali menerjemahkan value utama Hong Sang Soo, baik itu estetika karakternya yang bermasalah, penggunaan narasi yang improvisatif, teknis yang minim namun efektif, dan yang terpenting adalah ~sake.

Lantas apakah penerjemahan sake~story dengan tradisi fokus dan lokus Hong Sang Soo adalah pure~mumblecore ? Jika mengacu pada konten maka jawaban saya ya,
Joe Swanberg dengan lokus ke Amerikaannya memandang bir adalah pengungkapan romansa disaat karakternya penuh kecamuk di Dringking Buddies.
Namun karena mumblecore sendiri masih mengundang misteri akan pendefenisiannya sebagai genre, dan lagi kelompok kelompok studi tertentu belum mendefnisikan karya karya Hong Sang Soo sebagai mumblecore,mereka mendefenisikannya sebagai film ~naratif. Indikasi ini berawal dari minimnya list media online yang mendapuk film film Hong Sang Soo sebagai salah satu pengakuan karyanya sebagai mumblecore .Bukan genre lain ( ~naratif maupun ~indie).Mumblecore sebagai genre jelas sebuah arus genre yang khas dan spesifik, bahkan teramat sempit dan sangat konsisten.berbeda dengan genre lain.

Maka bagaimana sebaiknya mumblecore itu diterjemahkan adalah pertanyaan ekstrasi dari memurnikan genre mumblecore sebagai ~pure mumblecore.
Maka alangkah lucunya jika Before Sunset, Before Sunrise ,Before Midnight disebut sebagai mumblecore. Begitu juga dengan Rocket Rain yang berawal dari niat yang sama namun berakhir dengan eksekusi yang berbeda, karena Saya tetap Akan sangat menantikan sebuah mumblecore Indonesia yang pure, dengan banalitas serta alkohol story dan ambiguitas karakter (bukan tokoh).
Seperti apa rupanya ? Yah menantilah. Minum sake saja dulu.
25/08/2015

Essay Film

Dikembangkan dan diorganisir oleh Halomoan Sirait. Mahasiswa tingkat akhir yang kocar kacir didunia blogging karena suka hilang password. Sedang mendambakan profesi Jurnalisme Film secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar