100 Film terbaik 2010-2015 part 1


Konteks film ‘membekas’ tidaklah selalu merunut pada film yang saya beri rating sempurna, namun pada segala kondisi yang bersifat personal dan tentu berstatus baik. 6 tahun lamanya saya menyimak film manca negara (2010 – 2015) selama itu pula banyak yang saya pelajari dalam mengkritik dan mengapresiasi. Film s
yang saya pilih pada kesempatan berbahagia ini memang tertekan pada konteks itu, bukan pada aspek hingar bingar puja puji linimasa, gelimang awards dan segala macamnya.Film terbaik akan dikenang sepanjang waktu, film terbaik akan selalu menjadi obrolan yang tak pernah habis dan film terbaik akan selalu menggiurkan untuk dikoleksi keping dvd originalnya.Film yang saya pilih pada kesempatan kali ini tetap berada pada tataran interpretasi diri saya, paling tidak saya cukup punya experience yang bisa saya pertukarkan dengan anda.
Prinsip saya adalah Film berat tidaklah selalu bagus, dan film ringan tidaklah selalu buruk.Ingat betapa cintanya saya pada Cabin In The Woods yang hampir dicaci maki oleh banyak reviewers lokal maupun mancanegara.Lucunya anda tidak akan mendapatkan film film semacam Leviathan (2014), North The End Of History (2013), Century Of Birthing (2011).Itu adalah film berat yang bagus, namun benarkah membekas.Ah tidak juga. Lalu bagaimana bisa didaftar ini ada tiga film mumblecore yang saya masukkan dalam list (In Another Country, Tiny Furniture,All The Light In The Sky,), sementara tiga judul diatas saya depak begitu saja.

Penjurian dilakukan oleh saya sendiri, dan ada lebih dari 300 film yang masuk dalam selektifitas.Banyak judul yang harus didepak dan anda mungkin akan sangat kecewa.Diantaranya anda tidak akan menemukan 12 years A Slave dan Gravity disini.Terlebih pada film booming lainnya seperti Black Swan dan Inception.

Itulah menariknya kajian personal. Kajian personal tentunya pandangan subjektif-objektif yang bisa saya jabarkan dalam puluhan kalimat logis.
Kejujuran. Ya.Perlu kejujuran dalam memilih film yang didaftarkan.Kejujuran memiliki kenikmatan tersendiri dan itulah mengapa saya mendepak beberapa judul film yang hampir menarik saya pada ketidakjujuran.
Berikut adalah film film yang sangat membekas dihati saya selama 6 tahun terakhir.Sangatlah pantas ke seratus judul ini saya beri tepuk tangan yang sangat meriahMudah mudahan teman teman juga sepakat.

Pada bagian pertama ini, ada film dengan rekaman seksualitas yang absurd, bintangnya terkenal pula.Ada juga dua kisah tentang cinta yang absurd dan membingungkan, namun memiliki fotography yang memabukkan.Ada juga film dengan fotography paling menawan dekade ini dan juga datang dari sutradara yang sudah sangat sepantasnya menuai sanjung puji.Film dengan obrolan hangat dan mendalam juga masuk dalam bagian ini.Terakhir ada juga dongeng anak yang memiliki imajinasi yang tinggi serta polesan kanvas yang sangat mempesona.Siapakah dia. Here they are..

#100.SILVER LININGS PLAYBOOK
US/2012
Menyandang predikat film yang paling saya sukai sepanjang karier David O Russel.Naskah yang kotor dan penuh denyut pacu, deretan akting yang rupawan serta ingat bagaimana disini Jennifer Lawrence memenangkan Oscar pertamanya. Tentu tak ada alasan untuk mencintai film ini terutama skriptnya yang cengengesan dan blak blakan.Apalagi jika menyimaknya bersama para penyandang bipolar. Robert Deniro telah mampu menghasilkan penampilan pendukung terbaik dekade ini bersama J.K Simmons di Whiplash.


#99.ALL THE LIGHT IN THE SKY
US/2012
Joe Swanberg menyusuri karkater yang hendak lepas dari dilema kehidupan dan percintaan. Siapa sangka mumblecore yang satu ini hadir dengan fotography yang menawan dan mumpuni. Jika rasa cinta saya pada mumblecore tak terhapuskan, maka tak sudi rasanya menyingkirkan karya yang satu ini dalam daftar. Jane Adams, Sophia Takal, Kent Osborne telah memberikan penampilan yang alami dan natural.Dan satu lagi, ingin rasanya ikut mencicipi jus buah yang mereka minum bersama.Satu lagi, film ini punya judul yang cantik.


#98.PINA
GERMANY/ 2011
Jika seni teater adalah dialektis dari seni tontonan, maka Pina membawa wahan tersebut.Koreografi yang weird, canggung, meliuk liuk dan amat nyelekit.Setiap gerakan tari adalah bahasa, simbolisasi, imajiner yang mengutarakan kepahitan, rasa getir amarah dan sublimasi.Win Wenders dengan begitu cermatnya mengolah dokumenter ini menjadi terlihat amat mahal dan berkelas.Pina mengekspos kehidupan, dan kehidupan yang ditarikan seolah olah menjadi cara yang tepat untuk menggagaskan perasaan.

#97.THE TREE OF LIFE
US/2011
Kolase fotography yang hendak menceritakan hal besar lewat gambaran alam dan pikiran. Secara seksama, ia juga hadir dengan aspek kerinduan akan spritualitas.The Tree Of Life adalah karya yang mendapat sanjung puji dari banyak kalangan, namun karena memang penulis teramat sangat mencintai terrence malick (sejak memperhatikan The New World, dan Thin Red Line) maka saya harus berkata bahwa The Tree of Life bukanlah karya terbaik Terrence Malick, namun tetap sangat layak untuk dicintai dan diapresiasi.

#96.CAROL
US/2015
Keluguan pada kehidupan cinta yang sebenarnya, justru membawa petaka bagi mereka berdua.Cate Blanchett menghadirkan penampilan yang sangat memukau semenjak Blue Jasmine, sedangkan Rooney Mara mulai memperlihatkan kehebatan kariernya paska The Social network dan Girl With Dragon Tatoo.Disutradari oleh Todd Haynes (far From Heaven, Mildred Pierce) Carol adalah suguhan yang begitu mengesankan pada kisah percintaan dilanskap era 70-an yang getir dan mempesona.


#95.THE TALE OF PRINCESS KAGUYA
JAPAN / 2013
Imajinatif dan lukisan kanvas yang sangat mempesona.Tale of Princess Kaguya menceritakan seorang bayi yang dilahirkan dari sebuah rebung bambu dan dipelihara oleh sepasang lansia yang tak kunjung memiliki anak.Kisah ini menceritakan takdir dalam hidup Kaguya sendiri atas kecantikan yang dimilikinya yang tersiar keseluruh penjuru negeri.Isao Takahata telah menyajikan animasi yang sangat dewasa, lugas, penuh pesan moral yang mengingatkan kita pada karya karya Hayao Miyazaki.

#94.STRANGE CASE OF ANGELICA
SPAIN/2010
Seorang juru foto bernama Ishak memotret seorang perempuan cantik yang telah meninggal dunia dan terbaring disebuah sofa biru.Ketika Ishak memotret perempuan itu, perempuan itu menatapnya dan tersenyum manis kepadanya.Maka menjadi jadilah Ishak akan imajinasinya pada gadis itu.Kisah cinta yang aneh dan weird ini disutradarai oleh mendiang Manoel de Oliveira.Kisah cinta yang tak terlupakan dan tetap membuat hati terpana.

#93.BESTIAIRE
CANADA/2012

Sebuah essay yang menyoroti dengan aksen seni yang mumpuni sebuah kebun binatang.Penuh hening dan ketenangan sehingga kadang tidak dapat terjelaskan. Bestiaire merupakan karya pertama Dennis Cote didekade ini.Ia jugalah yang membesut Vic+Flo Saw A Bear.Bestiaire menyajikan fotography long shoot yang begitu panjang tentang kehidupan hewan dikebun binatang.Menariknya, ia mengingatkanku pada Le Quattro Volte dan Bovines.

#92.MARTHA MARCY MAY MARLENE
US / 2011
Kamera penuh sorot tajam.Sangat mencekam dan terkadang menghantui.Intaian pada diri seorang wanita paranoid seolah ada yang mengejar dan hendak membunuh sitokoh utama.Dalam ingatan Martha Marcy May Marlene sangat berhasil membuat sensasi thriller yang wajar dan tidak berlebihan.Martha Mary May Marlene merupakan karya Sean Durkin di US yang sudah sepantasnya mendapatkan sanjung puji.Astonishing!
#91.SHAME
UK/2011
Seksualitas menjadi topik dalam tema ini.Ia begitu tabu dan sangat menggelora dan kadang tak dapat tertahankan. Shame merupakan karya Steve McQueen terbaik dekade ini sebelum akhirnya namanya diakui dipentas Oscar lewat 12 Years A Slave.Shame menghasilkan fotography yang frontal dan mengesankan.Michael Fassbender memberikan penampilan terbaik dia dalam karier.Shame memang bercerita tentang sex addict, namun anda akan jauh lebih addict untuk memujanya dalam waktu lama.

RECAP
#91.Shame
#92.Martha Marcy May Marlene
#93.Bestiaire
#94.Strange Case Of Angelica
#95.Tale Of Princess Kaguya
#96.Carol
#97.Tree Of Life
#98.Pina
#99.All The Light In The Sky
#00.Silver Linings Playbook




Essay Film

Dikembangkan dan diorganisir oleh Halomoan Sirait. Mahasiswa tingkat akhir yang kocar kacir didunia blogging karena suka hilang password. Sedang mendambakan profesi Jurnalisme Film secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar